Apkasi Otonomi Ekspo 2019, Kabupaten Tuba Perkenalkan Potensi Lumbung Padi dan Penggemukan Sapi

0
150

Ngalimpuro.com, Tuba – Dalam Apkasi Otonomi Expo 2019 yang diselenggarakan di Convention Centre Senayan Jakarta. Kabupaten Tulangbawang mengenalkan potensial lumbung padi dan penggemukan sapi di Kecamatan Rawapitu, Rabu (03/07/2019).

Selain itu, Kabupaten Tulangbawang juga menunjukan penggalakkan sektor Usaha Kecil Menengah (UKM) seperti pengrajin rumahan, diantaranya pengerajin Maduwarow yang dulunya sempat kurang diperhatikan.

Kegiatan dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto serta dihadiri oleh para Pejabat tinggi Negara, para Duta Besar Negara Sahabat, Gubernur, Bupati dan Ketua DPRD Provinsi dan Kota Se-Indonesia, serta jajaran Pengurus APKasi.

Acara yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) yang rutin diselenggarakan setiap tahun ini dibuka dengan menampilkan tarian “Kabupaten Maju, Indonesia Jaya”.

Tarian ini menggambarkan keragaman adat istiadat yang terdapat di Indonesia sekaligus mencerminkan kebahagiaan seluruh masyarakat kabupaten akan sumber daya alam yang terdapat di Indonesia. Dalam tarian ini juga digambarkan budaya gotong royong yang merupakan warisan turun temurun yang terdapat di Indonesia.

Dalam laporan Ketua umum Apkasi, Mardani H Maming Mengharapkan melalui wadah Apkasi dapat memberikan kontribusi dalam memajukan Indonesia.

Sementara dalam sambutan dan arahan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan HAM, Wiranto menyampaikan, bahwa Otonomi daerah mendorong inovasi sehingga dapat terjadi kompetisi inovasi dan memperkuat kerjasama antar sesama daerah.

Presiden Ir. Jokowi widodo menyampaikan melalui Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto, sangat menyambut baik kegiatan Apkasi Otonomi Expo sebagai ajang berkompetisi kebaikan di berbagai daerah di Indonesia. Presiden mengharapkan inovasi mengikuti perkembangan zaman terutama penggunaan teknologi informasi dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

Presiden mengharapkan lebih banyak sektor yang dapat meningkatkan usaha di daerah melalui berbagai inovasi sesuai dengan kearifan lokal daerah setempat. Dengan Berinovasi daerah dapat saling berkolaborasi dan menginspirasi antar sesama daerah.

Kabupaten Tulangbawang antusias mengenalkan potensi lumbung padi dan penggemukan sapi didaerah kecamatan Rawapitu serta menunjukan sistem pembinaan terhadap UKM di Kabupaten Tulangbawang.

“Kita membawa potensi yang menjadi unggulan kita, seperti daerah potensial lumbung padi, penggemukan sapi di Kecamatan Rawapitu, serta kembali menggalakkan sektor UKM kita seperti berbagai pengerajin dan rumahan, diantaranya pengrajin Maduwarow yang sempat kurang perhatian,” tutur Bunda Winarti.(Saleh/R02).

LEAVE A REPLY