Awas! ‘Menggeretak’ Jari Bisa Munculkan Risiko Artritis

0
512
Menggeretak Jari | ist
Menggeretak jari | ist

Ngalimpuro.com, Lifestyle – Anda mempunyai kebiasaan menggeretakkan jari-jari? Tahukah anda, fakta kesehatan di balik kebiasaan unik tersebut.

Penelitian dari Harvard Medical School mengemukakan membunyikan jari atau sendi lainnya sehingga memunculkan suara “kretek”, entah karena pegal atau sebab lainnya, bisa memunculkan risiko artritis atau radang sendi.

Dalam penelitian itu, peneliti melakukan observasi pada 40 orang laki-laki dan 30 orang perempuan yang hobi membunyikan sendi jari. Ahli radiologi kemudian menafsirkan gambar ultrasonografi untuk menemukan sumber bunyi “kretek” terdengar.

“Apa yang kita lihat adalah seperti ada kembang api yang meledak di sendi. Ini temuan tak terduga,” kata profesor radiologi dari University of California, Davis (UC Davis), Robert D. Boutin, seperti dilansir Medical Daily.

Hasil studi lain juga menemukan, kebiasaan ini membuat jari tangan bengkak dan kehilangan kekuatan mengenggam. Hal ini karena otot manusia dilindungi oleh membran yang disebut synovial. Membran ini terbentuk seperti kapsul di sekitar ujung tulang.

Di dalam synovial terkandung cairan yang berfungsi sebagai lubrikasi untuk meredam benturan. Ketika Anda “mengkretekkan” persendian, maka terciptalah celah di antara membran synovial. Akibatnya, sendi menjadi bengkak dan kekuatannya bisa jauh berkurang.

Dilansir dari Tempo.co

LEAVE A REPLY