Bappedalitbang Tuba Gelar Sosialisasi Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi

0
199

Ngalimpuro.com, Tuba – Pamsimas merupakan salah satu program nasional dalam penyediaan air minum dan sanitasi yang berbasis masyarakat dengan dukungan dana dari pemerintah pusat, pemerintah daerah dan kontribusi masyarakat. Kegiatan ini didukung oleh kementerian pekerjaan umum sebagai executing agency bersama kementerian dalam negeri dan kementerian kesehatan.

Hal itu diungkapkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Tulangbawang, Dicky Soerachman, dalam kegiatan Sosialisasi program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat pamsimas III tahun 2019, di Gedung rapat Pemda Tuba, Selasa (01/10/2019).Gedung rapat pemda tuba lantai 2

“Tujuan pamsimas secara umum adalah meningkatkan akses pelayanan air minum dan sanitasi bagi masyarakat miskin pedesaan dan daerah pinggiran kota (peri urban) serta menerapkan praktik hidup bersih dan sehat dengan membangun model penyediaan prasarana dan sarana air minum dan sanitasi berbasis masyarakat yang berkelanjutan dan mampu diadaptasi oleh masyarakat,” terang Kepala Bappedalitbang Dicky Soerachman.

Dicky menambahkan, Pelaksanaan Program Pamsimas di Kabupaten Tulang Bawang telah memasuki tahun ke -3 (tiga), tahun 2019 telah mencapai 58 kampung penerima Pamsimas dan diharapkan semakin meningkat dari tahun ke tahun guna mencapai dan mendukung pencapaian akses universal nasional.

“Harapannya, seluruh elemen masyarakat dapat berperan aktif dalam menyukseskan program ini,” ujarnya.

Lebih jauh Dicky menerangkan, Sosialisasi Program Pamsimas III Tahun 2019 tingkat Kabupaten merupakan salah satu tahapan awal penjaringan minat desa untuk ikut serta dalam Program Pamsimas 2020.

“Diharapakan Tulang Bawang mendapatkan target calon desa sasaran Pamsimas 2020 sebanyak 25 desa, yang akan diseleksi oleh Pemerintah Pusat. Sesuai dengan peraturan dan kebijakan yang berlaku, pada akhir tahapan akan didapatkan finalisasi penyusunan Rencana Kerja Masyarakat (RKM) paling lambat pada akhir bulan Oktober 2019.”

“Sebagai bukti komitmen dan keikutsertaan pelaksanaan Pamsimas di Kabupaten Tulang Bawang, Pemerintah Daerah juga mendukung melalui desa sasaran yang didanai oleh APBD Tulang Bawang, yang termasuk juga dalam 25 program unggulan BMW (Bergerak Melayani Warga), yaitu pembangunan infrastruktur pada sektor air bersih dan sanitasi,” tuntasnya.(Rilis/Red).

LEAVE A REPLY