Dorong Minat Baca, Dispusarda Kota Metro Gelar Hari Kunjung Perpustakaan (HKP) 2019

0
282

METRO – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispurda) Kota Metro menggelar hari kunjung perpustakaan (HKP) dan bulan gemar membaca tahun 2019. Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan minat baca masyarakat Kota Metro.

 

Wakil Wali Kota Metro Djohan mengatakan, HKP ini sebagai upaya untuk mendorong pemanfaatan perpustakaan untuk mendapatkan informasi yang berkualitas bagi masyarakat khususnya anak-anak.

 

“Program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial juga harus menjangkau masyarakat diseluruh lapisan dalam rangka mendekatkan masyarakat terhadap akses informasi yang berkualitas,” kata dia, Kamis (26/9).

 

Saat ini, lanjut Djohan, perpustakaan bukan hanya berperan sebagai pusat informasi. Tetapi, juga dapat bertransformasi menjadi tempat dan pengembangan diri sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

 

“Saya menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan ini sebagai upaya untuk memotivasi masyarakat dalam meningkatkan minat baca khususnya bagi anak-anak. Sekaligus sebagai ajang promosi dalam pemanfaatan perpustakaan,” terangnya.

 

Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim mengapresiasi Kota Metro yang konsisten untuk membudayakan literasi karena kegiatan ini sangat positif.

 

“Terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah mensupport budaya litersi ini,” kata wagub.

 

Sementara itu, Perwakilan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Nani Suryani menuturkan, literasi mempunyai peranan yang penting dalam mendorong kesejahteraan masayarakat. Hal ini karena literasi dapat memberikan manfaat yang nyata.

 

“Literasi mempunyai banyak manfaat, yang bisa didapat melalui pendidikan di sekolah maupun di program literasi untuk orang dewasa,” katanya.

 

Kepala Dispusarda Syachri Ramadhan menambahkan, selain untuk mendorong minat baca, kegiatan ini juga sebagai sarana promosi perpustakaan untuk memperkenalkan layanan koleksi dan fungsi perpustakaan.

 

Selain itu, melalui HKP ini juga sebagai upaya untuk mensosialisasikan perubahan paradigma perpustakaan yang berbasis inklusi sosial. Dalam gelaran kali ini juga diadakan gerakan donasi buku yang telah terkumpul sebanyak 550 buku.

 

“Adapun program-program yang sudah kami laksanakan diantaranya pembinaan rumah pintar di 22 Kelurahan di Kota Metro, bedah buku kelas menulis dan storytelling,” tambahnya.

 

Dihari terakhir rangkaian acara pada Hari kunjung perpustakaan Kota Metro ini, juga diumumkan para pemenang dari masing-masing penilaian seperti lapak baca dan lomba stand up comedy, yang bekerjasama juga dengan komunitas Stand Up Comedy (SUC) Metro.

LEAVE A REPLY