Gempa Tektonik 5,1 SR Guncang Bengkulu dan Lampung Barat, Tidak Berpotensi Tsunami

0
783
Ilustrasi.

Ngalimpuro.com, Lambar – Gempa tektonik berkekuatan 5,1 skala richter (SR) mengguncang wilayah Bengkulu dan Lampung Barat. Meski demikian, gempa yang terjadi pukul 15.28 WIB tidak berpotensi tsunami.

Titik pusat gempa berada pada koordinat 5,54 lintang selatan (LS) dan 102,74 bujur timur (BT), tepatnya di laut pada jarak 129 km Barat Daya Kaur – Bengkulu pada kedalaman 60 km.

Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Perignatan Dini Tsunami BMKG, Daryono mengatakan dampak gempa bumi menimbulkan guncangan yang dirasakan dirasakan di Kepahiang, Kaur, Bintuhan dan Manna.

“Hingga ini, belum ada laporan adanya kerusakan akibat gempa bumi tersebut,” ujar Daryono pada keterangan tertulisnya, Selasa (30/5/2017).

Daryono menambahakn ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa bumi yang terjadi merupakan gempa bumi berkedalaman menengah yang dipicu oleh aktivitas subduksi lempeng.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini dipicu oleh penyesaran mendatar-naik,” tuturnya.

Alhasil, Daryono bersyukur meskipun gempa bumi ini terjadi di laut tetapi berdasarkan hasil pemodelan yang dilakukan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami.

“Hasil monitoring kami hingga saat ini menunjukkan belum terjadi gempabumi susulan. Kami juga menghimbau masyarakat sekitar agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan,” tandasnya.(rls/*)

LEAVE A REPLY