Peluang Bisnis Domba Garut Belum di Minati Warga

0
900
Istimewa.

Ngalimpuro.com, Lamtim – Akih Sunaryo, sosok ASN Lampung yang kini telah sukses mengembang biakkan domba aduan khas Kabupaten Garut, Jawa Barat di kediamannya, Desa Tanjung Intan, Kecamatan Purbolinggo, Lampung Timur.

Saat ini dihalaman belakang rumahnya, sedikitnya ada 30 kandang berukuran 1×2 meter persegi, dan setiap kandangnya berisi satu ekor domba garut.

Setiap satu kandang sengaja diisi 1 ekor domba, karena domba garut bersifat agresif. Domba garut sendiri merupakan domba persilangan dari tiga jenis domba yakni domba ekor gemuk asal jawa asli Indonesia, domba merino Australia dan domba kaapstad dari Afrika.

Pria berusia 48 tahun itu juga mengatakan, bahwa beternak domba garut sangat menguntungkan karena sekmentasinya pasarnya sangat luas. “Yakni, untuk memenuhi kebutuhan hewan qurban, aqiqah, konsumsi harian seperti untuk restoran, warung sate, rumah tangga hingga para kolektor dan penghobi domba garut.

Domba jenis garut saat ini banyak dibudidayakan bukan hanya sebatas domba aduan. Karena, dagingnya memiliki keunggulan dan tingkat gizi yang cukup tinggi dibanding domba lainnya terutama rasa dan baunya yang tak menyengat.

Menurut Sunaryo, bila dilihat secara langsung domba garut memiliki variasi warna, putih, coklat dan hitam serta telinga pendek tidak seperti domba pada umumnya. Selain itu, pada bagian tanduknya juga tidak kalah menarik, yakni, tanduk pejantannya dapat tumbuh dan bercorak sehingga memiliki daya jual berkisar puluhan juta rupiah perekornya.

Tiap satu tahun domba garut bisa melahirkan hingga dua kali, bobotnya pun diatas rata-rata domba lainya. Berat Pejantan dikisaran 60 hingga 80 kg sedangkan betina 30 sampai 50 kg untuk usia diatas dua tahun.

Namun sayangnya menurut Sunaryo, peluang bisnis tersebut masih belum banyak dilirik warga Lamtim. Dinas terkait juga tampak enggan mengembangkan domba yang tergolong unggul itu. Dan saat ini Populasi domba garut di Lamtim terus menurun. Seharusnya dinas terkait memperhatikan terutama untuk pembibitannya.(*)

Laporan : Tim Ngalimpuro.com

LEAVE A REPLY