Warga Metro Pertanyakan Penjualan Serbuk Pembasmi Jentik Nyamuk

0
239

Ngalimpuro.comMetro– Warga di Kelurahan Mulyojati Metro Barat, Kota Metro mempertanyakan pembagian serbuk pembasmi jentik nyamuk kemasan yang dihargai berkisar Rp 5000 perbungkusnya.

Wawan, warga RT/RW 19/05 Kelurahan Mulyojati mengaku membeli serbuk pembasmi jentik nyamuk dengan harga Rp 20.000 per empat bungkusnya.

“Ada yang datang ke rumah, wanita dua orang mengaku kader PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) dari puskesmas dan menawarkan serbuk pembasmi nyamuk harganya lima ribu perbungkusnya,” kata Wawan, (13-1-2019).

Padahal, menurut informasi dari Dinas Kesehatan setempat serbuk pembasmi jentik nyamuk dibagikan ke warga secara gratis.

“Kalau info dari dinas kesehatannya gratis. Tapi kok ada kader PSN yang jual serbuk pembasmi jentik perbungkusnya lima ribu. Heran saya, yang sebenarnya,” keluhnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kota Metro, Erla Adriyanti, menegaskan jika pemberian serbuk pembasmi jentik nyamuk ke masyarakat tidak dipungut biaya.

“Gratis, tidak ada biaya apa pun. Mungkin itu dari luar Dinkes. Karen ain’t yang saya dapat, ada pihak luar yang menjual ke warga juga,” kata Erla.

Dijelaskannya, serbuk pembasmi nyamuk sangat efektif membasmi nyamuk dan serangga lainnya saat masih seumur larva.

Serbuk pembasmi jentik nyamuk juga, lanjut dia, baik dalam memutus mata rantai potensi penderita malaria dan demam berdarah.(rilis/red01)

LEAVE A REPLY